Daya Ungkit Bisnis

Kalau kita memulai bisnis dengan berpikir akan berhasil maka akan berhasil juga bisnis kita; tapi kalau yang kita pikir kegagalan, maka realitas yang akan kita hadapi juga kegagalan.Akademi Manajemen Dian Nuswantoro Semarang awalnya tidak populer di kalangan remaja Indonesia.

Paling tidak baru remaja Semarang dan sebagian Jawa Tengah saja yang mengenal perguruan tinggi milik Ir. Edi Noersasongko, M.Kom. Tapi Edi Noersasongko tak kurang akal untuk mengungkit pamor kampusnya, dipilihlah Basuki menjadi bintang iklan dengan key word: “Ini Toh, kampus Manajuminem Dian Nuswantoro”. Sekarang sejak istilah Manajemen dipelesetkan sebagai Manajuminem oleh Basuki, perguruan tinggi itu malah jadi makin nge-top dan berkembang maju.

Menciptakan daya ungkit bisnis adalah salah satu seni tersendiri bagi seorang entrepreneur dalam menjaga stamina bisnisnya. Untuk bisa survive dan berkembang, seorang pengusaha harus kreatif menciptakan daya ungkit dan menjaga nama besar perusahaannya.

Seorang pengusaha pun dituntut untuk terus menerus menjaga energinya, bahkan seharusnya terus bertambah. Berkurangnya energi sang pengusaha bisa berdampak serius bagi usahanya, bisa seret bahkan kalau fatal bisa membuat usaha kita bangkrut.

Daya ungkit dalam bisnis, dalam buku yang ditulis pakar entrepreneur dunia, Robert Kiyosaki, disebut sebagai leverage. Menurut Robert, dengan memiliki daya ungkit, maka apa yang kita pikir nyata itulah yang akan menjadi realitas kita.

Kalau kita memulai bisnis dan berpikir akan berhasil maka akan berhasil juga bisnis kita: tapi kalau yang kita pikir kegagalan, maka realitas yang akan kita hadapi juga kegagalan.Menciptakan daya ungkit dengan trik-trik bisnis yang kreatif merupakan kiat yang efektif ketimbang dua modus lainnya yakni daya ungkit fisik dan daya ungkit finan.

Kalau daya ungkit lewat otak, kita harus memaksimalkan lahirnya ide-ide kegiatan untuk mengungkit bisnis kita. Kita mencatat misalnya, usaha Es Teller 77 yang dirintis Sukiatno Nugroho, sebelumnya belum dikenal, tapi diapun menciptakan acara lomba membuat es teller se-Jakarta yang diikuti banyak peserta. Acara itu diliput media dan nama Es Teller 77 sebagai penyelenggara makin populer.

Setelah ngetop, Sukiatno tidak membuat lomba es Teller lagi, karena lomba itu hanya dijadikan leverage bagi bisnisnya.Di kalangan pengusaha makanan tradisional, leverage bisnisjuga disadari artinya. Tak aneh kalau di berbagai kota kita sering menemukan warung makan dengan nama “Gado-Gado Juara Tiga” atau “Lotek Bonbin Juara Satu”. Mereka sadar kalau prestasi yang pernah mereka dapat bisa jadi leverage bagi usahanya. Konsumen tentu akan percaya bahwa lotek atau gado-gadonya akan dijamin lezat karena sudah dapatjuara.

Selain kreatif dengan ide-ide bisnis, daya ungkit fisik juga diperlukan dalam menjaga stamina bisnis kita. Seorang peserta program Entrepreneur University, pernah bercerita bahwa order percetakannya meningkat pesat sejak dia berani mengubah mobilnya menjadi lebih bagus. Mobil dan rumah atau tempat usaha yang bagus memang memiliki daya ungkit secara fisik yang terbukti meningkatkan pamor bisnis kita.

Tak ada salahnya sejak awal memulai bisnis, kita tak perlu alergi pada pameran mobil atau rumah mewah. Jangan segan atau takut mendatangi acara pameran mobil atau pameran rumah. Kalau perlu tanyakan satu persatu harga dan cara pembeliannya. Bukankah kedua barang itu selalu bisa dibeli dengan cara mencicilnya? Dengan tahu harganya, kita menjadi berani mengukur kemampuan atau setidaknya menjadi target untuk memilikinya. Keinginan untuk memiliki itulah yang akan memacu kita untuk bekerja keras memajukan usaha kita sehingga keinginan itu bisa terwujud.

Kalau telah berhasil mewujudkan keinginan secara fisik, jangan cepat berpuas din atau merasa sudah sukses. Jadikan kelebihan harta yang kita sebagai daya ungkit finansial. Bisa menjadi agunan ketika kita akan meminjam dana dan bank.

Tidak dipungkiri, sampai saat i, bonafid tidaknya bisnis kita masih sering dilihat oleh mitra bisnis dan kacamata fisik. Mulai penampilan pakaian, kendaraan sampai rumah tinggal kita. Jadi, cerdas-cerdaslah memutar otak temukan ide-ide kegiatan bisnis yang mampu mengungkit nama baik usaha kita. Jaga dan terus kembangkan aset yang kita miliki jangan sampai jatuh. Sekali kita jatuh, biasanya susah untuk memulai lagi dan nol.

sumber:www.pembelajar.com

About these ads

3 responses to “Daya Ungkit Bisnis

  1. Siip…..
    Daya ungkit memang benar-benar sangat membantu & menjadikan bisnis lebih mudah dijalankan.

  2. Kekuatan sebuah daya ungkit luar bisa….slah staunya daya ungkit pikiran….semua bisa terjadi gagal dan berhasil tergantung cara kita berpikir….beravo daya ungkit

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s