Hikmah Kisah

Hikmah kekayaan yang sesungguhnya

Abu Hazim Ra ditanya,”Apa harta kekayaanmu?”. Abu Hazim menjawab,”ada dua, yakni keridhaan Allah dan tidak butuh kepada bantuan orang lain.””Kalau begitu anda seorang yang miskin?”. Abu Hazim menjawab,” bagaimana aku seorang yang miskin, sedang Penolongku adalah yang memiliki apa yang ada dilangit dan semua yang ada di bumi,semua yang diantara keduanya dan semua yang ada dibawah tanah.”

Hikmah menjaga lidah

Qasbin Saaidah bertanya kepada Aktsam bin Shaifi,” Berapa banyak aib dan cacat Anak Adam yang kamu ketahui?”.Aktsam menjawab,”Tidak bisa dihitung karena banyaknya. Aku mendapatkan satu perilaku, kalau dipakai oleh seseorang maka aib dan cacatnya tertutup.” Qasbin Saaidah bertanya,”apa itu?” Aktsam menjawab,”Menjaga lidah.”

Hikmah Pergaulan

Ibrahim bin Ad-ham, seorang yang sangat arif ditanya,” Mengapa anda tidak banyak bergaul dengan orang-orang?” Ibrahim bin Ad-ham menjawab,”Apabila aku bergaul dengan orang yang dibawahku, dia mengganggu aku dengan kebodohannya, dan jika aku bergaul dengan orang yang diatasku, dia akan berlaku congkak dan sombong terhadapku. Bila aku bergaul dengan yang setingkat dengan aku, dia akan bersikap mendengki terhadapku. maka aku memilih yang dalam pergaulannya tidak ada kejenuhan, tidak pernah memutuskan hubungannya denganku, dan tidak pernah membiarkan aku kesepian yaitu Buku-buku yang mengandung Ilmu.

Hikmah Kesetiaan

Seorang arif bijaksana ditanya,” bagaimana dapat diketahui kesetiaan seseorang tanpa diuji atau dicoba?” Orang Arif itu menjawab,”Rasa rindunya kepada tanah air, dan penyesalannya atas kekurangan- kekurangan masa silamnya.” Seorang ulama Al’ashma’i berkata,” apabila anda ingin mengetahui kesetiaan dan ketepatan janjinya, jajakilah kerinduannya kepada tanah airnya dan kepada kerabat serta sahabat- sahabatnya, dan kenangan-kenangannya kepada masa lampau dengan penuh haru.”

mencarihikmah

http://carihikmah.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

