Kiat menghidupkan shalat kita dengan khusyu’

Shalat adalah ritual keagamaan yang dilakukan oleh umat Islam dalam rangka menyembah Allah SWT. Shalat dilakukan lima kali sehari yaitu saat matahari terbit (Subuh), siang hari (Dhuhur), sore hari (Ashar), matahari terbenam (Maghrib) dan malam (Isya). Shalat adalah kewajiban bagi semua umat Islam ketika mereka sudah mulai memasuki akil baligh.

Tujuan utama dari shalat adalah komunikasi seseorang dengan Tuhannya. Dalam shalat seseorang menghadap Tuhannya, memuji dan berterimakasih pada-Nya dan meminta kepada Allah SWT ditunjukkan jalan yang lurus (seperti halnya yang terdapat dalam surat Al-Fatihah yang selalu dibaca ketika shalat).

Namun bagaimana agar bisa khusyuk dalam shalat?

Agar bisa khusyuk ketika shalat maka sangat penting bagi pikiran seseorang untuk bebas dari segala macam yang berhubungan dengan dunia. Karena pikiran kita cenderung untuk menyimpan sesuatu yang kita sukai. Maka sangatlah penting untuk mengkondisikan pikiran kita hanya untuk mengingat Allah SWT dan Hari Akhir.

Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. (Al-Anfal:2)

Hal lainnya yang perlu diingat adalah seringkali karena dosa besar yang kita lakukan maka kita menjadi tidak dapat menikmati indahnya ibadah shalat – sebagai balasan atas dosa yang kita lakukan. Dosa-dosa itu antara lain durhaka kepada ibu bapak, berbuat zina, bercampur dan berkumpul dengan lawan jenis atau perbuatan yang tidak baik yang dilakukan dalam urusan keuangan dan yang lainnya.

Untuk itu sebagai langkah persiapan agar kita lebih khusyuk dalam shalat kita harus mengevaluasi hidup kita dan membersihkan dosa-dosa yang sering kita lakukan semampu kita. Setelah semua itu dilakukan maka kita bisa ikuti tips-tips dibawah ini yang mana tips ini dikumpulkan sedikit demi sedikit dari percakapan Salafus Shalih:

1. Sebelum melakukan shalat, cobalah untuk membereskan semua hal-hal kecil yang mungkin akan menyita perhatian kita. Jika kita sedang lapar maka makanlah dulu; jika kita sedang ingin buang air besar/kecil maka segera laksanakan dulu hajat itu; jika kita sebagai orang tua yang memiliki bayi maka beri makan dahulu bayi kita atau buat dia sibuk.

2. Lakukan wudhu dengan baik dan benar.

3. Lakukan shalat kita dengan penuh gairah dan semangat seperti halnya bahwa shalat itu adalah tugas paling penting yang kita lakukan dalam hidup kita. Bahkan Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita tidak ada yang dapat kita lakukan di dunia ini yang dapat melampaui Shalat dalam hal pahala dan keunggulan.

4. Bayangkan di shalat kita akan berkomunikasi langsung dengan Allah SWT, Sang Maha Pencipta dan kita menikmati ketika saat kita bisa berkomunikasi langsung dengan Allah SWT.

5. Berpikirlah bahwa shalat yang kita lakukan kali ini adalah shalat terakhir yang kita lakukan dalam hidup kita. Bahkan bisa saja benar shalat yang kita lakukan adalah aktivitas terakhir yang kita lakukan mengingat tidak ada yang menjamin bahwa kita masih hidup untuk bisa melakukan shalat lagi.

6. Bayangkan kita di akhirat dimana orang akan dipisahkan dalam dua golongan, golongan pertama yang akan masuk ke surga dan golongan lainnya akan masuk neraka dan tanyakan pada diri kita sendiri mau ditempatkan dimanakah kita diantara kedua golongan itu.

7. Fokuskan pikiran kita atas apa-apa yang kita ucapkan ketika shalat.

8. Jika sudah berusaha namun pikiran kita masih saja melayang-layang maka minta ampunlah pada Allah SWT dan kembalikan pikiran kita untuk kembali ke aktivitas shalat.

9. Berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar Dia memberikan kita kekhusyukan di dalam shalat dan melindungi kita dari pikiran yang melayang-layang ketika shalat.

Sumber Referensi:
Dari berbagai sumber
Referensi: Islam.ca

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s