mutiara hikmah. 09

TIDAK DIKATAKAN BERILMU SEBELUM MENGAMALKANNYA
seeorang tidaklah bertakwa sehingga ia berilmu dan tidaklah seseorang berilmu sampai ia mengamalkan ilmu yang telah ia ketahui.
( Ibnu Mas’ud )

ANTARA AMAL DAN HAWA NAFSU
Bila pagi telah datang berkumpullah pada diri eseorang hawa nafsu dan amalannya. Apabila amalannya mengikuti hawa nafsunya, maka harinya menjadi hari yang jelek. Tetapi bila hawa nafsunya mengikuti amalannya, maka harinya menjadi hari yang baik.
( Abu Darda )

MENYIA-NYIAKAN WAKTU LEBIH BERBAHAYA DARIPADA KEMATIAN
Menyia-nyiakan waktu itu lebih berbahaya daripada kematian, karena menyia-nyiakan waktu itu memutuskanmu dari  4JJI ta’ala dan hari Akherat, sedangkan kematian hanya memutuskanmu dari dunia dan isinya.
( Ibnu Qayyim )

KEMATIAN SEBAGAI PETUNJUK
Cukuplah kematian sebagai petunjuk, yakin sebagai kekayaan dan ibadah sebagai amalan.
( Amar bin Yasir )

TAK SABAR DENGAN KELAPANGAN
kami diuji dengan kesempitan, maka kami pun bersabar dan kami diuji dengan kelapangan justru kami tidak sabar. ( Abdurrahman bin ‘Auf )

PERGUNAKANLAH USIAMU
Usiamu semakin berkurang seiring dengan perjalanan waktu malam dan siang, sementara segala amalan akan tersimpan dan kematian akan datang secara mendadak. ( Ibnu Mas’ud )

BERTAMBAH JAUH DARI ALLAH
Tidaklah seseorang yang berilmu itu bertambah dekat kepada Allah, manakala ia semakin bertambah dekat dengan dunia, melainkan ia akan bertambah jauh dari Allah.
( Sufyan Ats Tsauri )

MEMINTA RIZKI DENGAN BERSEDEKAH
Mintalah curahan rizki Allah dengan banak bersedekah.
( Imam Ali R.A )

NASEHAT IMAM ALI. R.A
Barangsiapa membereskan hubungan antara dirinya dengan Allah, niscaya Allah akan membereskan hubungan antara dia dan manusia semuanya. Barangsiap membereskan urusan Akheratnya, niscaya Allah akan membereskan baginya urusan Dunianya. Barangsiapa selalu menjadi penasehat yang baik bagi dirinya sendiri, niscaya Allah akan menjaganya dari segala bencana.
( Imam Ali. R.A )

MENCEGAH PERKARA YANG BERAT DENGAN PERBUATAN YANG RINGAN
Sesuatu yang paling berat bagi seorang hamba adalah dosa, dan perkara yang paling ringan baginya adalah bertobat, karena itu mengapa ia tidak mencegah perkara yang paling berat dengan perbuatan yang paling ringan. ( Zubdah Saudari Basyar Ibnul Harits )


2 MACAM RIZKI

Ada 2 macam rizki, rizki yang kau cari dan rizki yang mencarimu, yaitu yang seandainya kau tidak mendatanginya ia pasti mendatangimu.
( Imam Ali. R.A )

Mutiara Hikmah.10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s