Mutiara Hikmah. 10

BERGAUL DENGAN ORANG YANG BERTOBAT
Bergaullah dengan orang -orang yang bertobat karena ia lebih lembut hatinya. ( Umar Bin Khattab )

ORANG FAKIR DAN ORANG KAYA TIDAK JAUH BEDA
Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu, “Para pemilik harta makan dan kami juga makan, mereka minum dan kami juga minum, mereka berpakaian kami juga berpakaian, mereka naik kendaraan dan kami pun naik kendaraan. Mereka memiliki kelebihan harta yang mereka lihat dan dilihat juga oleh selain mereka, lalu mereka menemui hisab atas harta itu sedang kita terbebas darinya.”

ETIKA MENASEHATI
Al Imam Asy Syafii berkata :
Sengajalah engkau memberi nasehat kepadaku ketika aku sendirian
Jauhkanlah memberi nasehat kepadaku dihadapan orang banyak
Karena sesungguhnya nasehat yang dilakukan dihadapan manusia
Adalah salah satu bentuk menjelek – jelekkan
Aku tidak ridho mendengarnya
Apabila engkau menyelisihiku dan tidak mengikuti ucapanku
Maka janganlah jengkel apabila nasehatmu tidak ditaati

KHAWATIR AKAN UCAPAN DAN PERBUATAN
Ibrahim At-Taimi berkata. “Apabila saya mempertimbangkan antara ucapanku dan amalanku saya takut kalau-kalau saya termasuk seorang pendusta.”

NASEHAT SANG PENYAIR
Ikhlas merupakan cahaya yang memberikan petunjuk dan menyinari pelakunya menuju jalan keselamatan serta mendekatkan diri kepada Allah swt
Jauhkanlah dirimu dari segala dosa,yang besar mau-pun yang kecil,itulah   hakikat takwa. Jalanilah kehidupan bagaikan orang yang menempuh jalan penuh onak dan duri, senantiasa berhati-hati dari bahaya yang dilihat.Janganlah  engkau remehkan dosa sekalipun kecil,bukankah gunung yang menjulang tinggi berasal dari kerikil-kerikil kecil yang terhampar?   (Penyair)

ILMU ADALAH WARISAN YANG PALING BERNILAI DARIPADA HARTA
Sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dirham dan dinar, tetapi mereka mewariskan ilmu. Maka barang siapa mengambilnya, ia sangat beruntung. (HR Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

MENGHADIRI MAJELIS ILMU MENAMBAH KEIMANAN
Andzalah Radhiallaahu ‘anhu pernah ditanya oleh Rasulullah, “Bagaimana kabarmu ?” Handzalah menjawab,”….Wahai Rasulullah apabila kami di majelismu sepertinya kami melihat surga dan neraka dengan mata kepala sendiri, tapi bila kami kembali ke rumah, kami terlalaikan oleh keluarga dan urusan dunia kami,…..” Hadist ini sangat jelas menerangkan bahwa menghadiri majelis ilmu adalah penambah iman dan benteng bagi diri kita dari kesesatan.

KEWAJIBAN MENJAGA HATI
Hati adalah pengendali. Jika ia baik, baik pula perbuatannya. Jika ia rusak, rusak pula perbuatannya. Maka menjaga hati dari kerusakan adalah niscaya dan wajib.
(Ulama)

WASPADA TERHADAP DOSA-DOSA KECIL
“Waspadalah kalian terhadap dosa-dosa kecil, karena kalau dosa itu berkumpul pada seseorang akan membinasakannya.”(HR. Al-Bukhari)

DOSA KECIL BISA BERAKIBAT LEBIH FATAL DARIPADA DOSA BESAR
Imam Ibnul Qayyim juga telah mengingatkan, bahwa bisa saja dosa-dosa kecil dapat berakibat lebih fatal daripada dosa-dosa besar. Karena pelaku dosa besar biasanya merasa malu dan menyesal atas dosanya. Sedangkan pelaku dosa kecil terkadang tidak merasa takut dan malu dengan dosa itu.

2 SIFAT YANG DICINTAI ALLAH
“Sesungguhnya  pada dirimu ada dua perangai yang dicintai Allah yakni sifat  lemah lembut (sabar) dan ketenangan (tidak tergesa-gesa)”. (HR. Muslim)


https://carihikmah.wordpress.com

One response to “Mutiara Hikmah. 10

  1. nice.. pencerahan dipagi hari,,🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s