KEKUATAN KATA

kategori: strategi & motivasi

oleh: Mario Teguh

BILA ANDA MENGUASAI KATA, ANDA MENGUASAI PENGERTIAN

Telah banyak pengamatan yang melihat hubungan yang sig-nifikan antara penguasaan kata dan penggunaannya – dengan seberapa maju tingkat sosial dan bahkan kualitas hidup sese-orang.
Seseorang yang kaya de-ngan kosa kata yang berkualitas untuk bidang karirnya, dan fasih dalam menggunakan koleksi ka-ta-katanya dalam berbicara -akan mencapai tingkat yang lebih tinggi dalam jenjang organisasi di mana dia berkarir.
Bukan hanya itu, kemudian ditemukan indikasi yang kuat bahwa penguasaan bahasa juga berperan dalam terjadinya per-bedaan tingkat pendapatan an-tara mereka yang menguasai dan yang kurang menguasai penggunaan bahasa.
Rata-rata buku kamus di me-ja kita berisi sekitar setengah juta kata, dengan lebih banyak lagi jumlah pengertian dari setiap ka-ta yang bisa dihasilkan dari peng-gunaannya dalam kalimat-kali-mat yang berbeda.
Tetapi, kenyataan membukti-kan bahwa kita tidak harus me-nguasai sedemikian banyak kosa kata itu untuk menjadi seorang profesional atau pembicara yang efektif. Sekitar 1000 kata yang terpilih dengan baik telah lebih dari cukup untuk meningkatkan keefektifan pribadi kita dalam karir, bisnis, dan kehidupan pri-badi.
Berikut adalah beberapa dampak penting dari penguasa-an penggunaan kosa kata yang baik, yang bisa menjadi penjelas bagi misteri di balik keberhasilan pribadi-pribadi yang efektif di se-kitar kita.

KEJELASAN
Anda yang memiliki koleksi kata yang relevan dan mengu-asai penggunaannya dengan cantik, akan menjadi pribadi yang Terbedakan; karena tingginya ke-jelasan dari komunikasi Anda de-ngan orang lain.
Bila yang Anda sampaikan adalah hal-hal yang sederhana -Anda akan tampil mengesankan karena daya tarik yang tersendiri dari pilihan dan penggunaan ka-ta-kata Anda.
Dan bila yang Anda sampai-kan adalah hal-hal yang canggih – Anda akan tampil mengagum-kan karena kemampuan Anda untuk menyampaikan sesuatu yang kompleks dalam suatu ke-sederhanaan yang kuat.

KEKUATAN PERSUASI
Karena tingginya tingkat ke-jelasan dari maksud dan selera dari penyampaian Anda, Anda akan menjadi pribadi yang lebih mudah diterima dan disetujui. Dan dengannya, Anda akan menjadi pribadi yang lebih ber-pengaruh.
Lalu, siapakah yang bisa me-ngecilkan peran dari pengaruh pribadi yang baik dalam kema-juan karir di profesi kita?
Apa saja-kah yang bisa Anda capai, bila Anda menjadi pribadi yang lebih mudah mendapatkan persetujuan dari orang lain?

KECANGGIHAN
Seseorang yang menguasai kosa kata yang baik dan ahli da-lam menggunakannya, tidak me-merlukan perhiasan mahal untuk menyebabkan kesan sebagai pri-badi yang canggih.
Dia, bahkan tidak akan ber-hasil menyamar sebagai pribadi yang tidak terdidik dan terbela-kang, bila dia berkeras menggu-nakan cara-cara bicaranya yang ‘canggih’ itu.
Maka berhati-hati lah dengan kualitas dari kata-kata yang me-ngambang pada permukaan ke-sadaran Anda, karena bahasa adalah pembeda terbaik di anta-ra manusia.Dan karena memang manu-sia diberikan kecenderungan oleh alam ini untuk saling mem-bedakan di antara mereka sen-diri, maka pastikanlah bahwa kita dibedakan ke dalam kelompok-kelompok yang baik.

HORMAT
Kata-kata yang baik dan yang disampaikan dengan niat untuk mendatangkan kebaikan bagi yang mendengarkan, telah menjadi pembentuk dari semua pengajaran besar dalam sejarah kemanusiaan.
Dan mereka yang menggu-nakan pengajaran itu dalam ke-pemimpinannya, akan diduduk-kan di tempat-tempat yang tinggi.
Memang ada orang yang menjadikan uang, dan atau ke-mampuan untuk mendatangkan penderitaan kepada orang lain sebagai sumber dari kekuatan-nya. Tetapi, sumber kekuatan yang sesungguhnya bagi se-orang pemimpin adalah rasa hormat yang tinggi dari mereka yang dipimpinnya.
Pemimpin yang fasih berbi-cara baik, dan yang kemudian memelihara kesinambungan an¬tara yang dikatakannya dan yang dilakukannya, akan memenang-kan rasa hormat yang menjadi sumber dari kekuatannya.
Sebuah pribadi bersahaja yang menguasai hormat dari se-buah kaum, akan mengalahkan seorang raja yang hanya mengu¬asai rasa takut rakyatnya.
Bila Anda menguasai kata, Anda akan menguasai penger-tian. Dan bila mereka mengerti maksud baik Anda, Anda tidak akan dibatasi.

Have a super day!
MARIO TEGUH
Business Effectiveness
Consultant
CEO
EXNAL CORP
exnai@cbn.net.id

https://carihikmah.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s