Menggapai keindahan hidup dengan kebeningan hati

Diriwayatkan dari Imam Ash-Shadiq as, beliau berkata, “Tidaklah mengapa ketika seseorang di antara kalian mengalami kesulitan

hidup di dunia, kalian mengambil air wudhu dan pergi ke masjid. Kemudian, kalian shalat dan memohon kepada Allah, karena aku

mengetahui bahwasanya Dia telah berfirman, “Dan jadikanlah sabar dan shalat sebagai permintaan tolongmu (kepada Allah).”

Benar, sesungguhnya shalat menautkan manusia dengan Kekuatan Yang Abadi, kepada Allah, yang bagi-Nya segala permasalahan

berat dan rumit menjadi mudah. Perasaan seperti ini menyebabkan manusia merasa tenang, kuat, dan sabar menghadapi kemalangan.

Adakah sarana yang lebih efektif, tepat, dan cerdas selain shalat yang dilakukan seorang individu yang dalam ketidak berdayaannya mendekati Yang Maha Penyayang lagi Maha Kuasa untuk memohon pertolongan?Beberapa tips yang bisa kita lakukan utk menggapai keindahan hidup dan progess dari kehidupan itu sendiri dengan kebeningan hati diantaranya adalah :

1. Dengan Ilmu. Carilah terus ilmu tentang hati keutamaan kebeningan hati kerugian kebusukan hati bagaimana perilaku dan tabiat hati serta bagaimana utk mensucikannya. Diantara ikhtiar yg bisa kita lakukan adalah dgn cara mendatangi majelis taklim membeli buku-buku yang mengkaji tentang kebeningan hati mendengarkan ceramah-ceramah berkaitan dgn ilmu hati baik dari kaset maupun langsung dari nara sumbernya.

Dan juga dgn cara berguru langsung kepada orang yg sudah memahami ilmu hati ini dgn benar dan ia mempraktekan dalam kehidupan sehari-harinya. Harap dimaklumi ilmu hati yang disampaikan oleh orang yg sudah menjalani akan memiliki kekuatan ruhiah besar dalam mempengaruhi orang yg menuntut ilmu kepadanya. Oleh karena carilah ulama yg dgn gigih mengamalkan ilmu hati ini.

2. Melatih Diri. Seperti kata pepatah “alah bisa krn biasa”. Seseorang mampu melakukan sesuatu dgn optimal salah satu krn terlatih atau terbiasa melakukannya. Begitu pula upaya dalam membersihkan hati ini ternyata akan mampu dilakukan dgn optimal jikalau kita terus-menerus melakukan riyadhah . Adapun bentuk latihan diri yg dapat kita lakukan untuk menggapai bening hati ini adalah Menilai kekurangan atau keburukan diri. Patut diketahui bahwa bagaimana mungkin kita akan mengubah diri kalau kita tak tahu apa-apa yg harus kita ubah bagaimana mungkin kita memperbaiki diri kalau kita tak tahu apa yg harus diperbaiki.

Maka hal pertama yg harus kita lakukan adalah dengan bersungguh-sungguh untuk belajar jujur mengenal diri sendiri dengan cara Memiliki waktu khusus utk bertafakur. kita harus mulai berpikir; saya ini sombong atau tidak? Apakah saya ini riya atau tidak? Apakah saya ini orang takabur atau tidak? Apakah saya ini pendengki atau bukan? Belajarlah sekuat tenaga utk mengetahui diri ini sebenarnya. Kalau perlu buat catatan khusus tentang kekurangan-kekurangan diri kita {tentu saja tak perlu kita beberkan pada orang lain}. Ketahuilah bahwa kejujuran pada diri ini merupakan modal yg teramat penting sebagai langkah awal kita utk memperbaiki diri kita ini Memiliki partner.

Kawan sejati yang memiliki komitmen utk saling mengkoreksi semata-mata untuk kebaikan bersama yg memiliki komitmen untuk saling mewangikan mengharumkan memajukan dan diantara menjadi cermin bagi satu yang lainnya. Tidak ada yg ditutup-tutupi. Tentu saja dengan niat dan cara yang benar jangan sampai malah saling membeberkan aib yg akhir terjerumus pada fitnah. Partner ini bisa istri suami adik kakak atau kawan-kawan lain yang memiliki tekad yang sama utk mensucikan diri. Buatlah prosedur yg baik jadwal berkala sehingga selain mendapatkan masukan yg berharga tentang diri ini dari partner kita kita juga bisa meni’mati proses ini secara wajar.

3. Hadapi segala romantika kehidupan dengan syukur dan sabar. Sebagaimana Rasulullah bersabda,“Sungguh menakjubkan (indah) keadaan hidup orang mu’min, karena segala urusannya sangat baik baginya, dan itu tidak akan terjadi kecuali bagi orang mu’min. Bila ia memperoleh kesenangan, maka ia bersyukur, yang demikian itu baik baginya. Dan bila ia tertimpa kesusahan ia juga bersabar, yang demikian itupun baik baginya”.

Hadits ini mengandung beberapa pelajaran. Pertama, setiap orang yang mengaku beriman harus menyakini bahwa iman sempurna yang dipegangteguh olehnya berdampak kebaikan pada setiap gerak dan langkahnya.

Ketika mendapatkan kebaikan yang membuatnya senang, ia pandai mensyukurinya. Dengan mengucapkan Al-hamdulillah dan bersyukur dengan segenap hati, kemudian bersyukur dengan menggunakan seluruh anggota tubuh, berbagi dengan orang lain dan bersyukur dengan ketaatan kepada Allah dan Rasul_Nya. “Barang siapa bersyukur, sesungguhnya syukurnya itu untuk dirinya sendiri” (Q.S. An-Naml : 40).

Begitu juga ketika ditimpa kesusahan, ia menyikapinya dengan sabar. Sabar yang terbaik adalah, saat kesusahan itu tiba dan menghenyakkan batin serta perasaannya, ia menyikapinya dengan sabar.

Rasul pernah bersabda “Sesungguhnya sabar itu adalah saat hentakan pertama.” Suatu ketika sayyidina Ali bertempur dalam duel yang hebat, orag kafir yang dilawannya terdesak dan terjatuh, sayyidina Ali berkesempatan menghabisinya. Saat ia mengulurkan pedangnya kearah musuh, orang kafir itu meludahinya. Ternyata bukannya marah sayyidina Ali malah mengurungkan niatnya dan bersabar. Beliau khawatir jihadnya jadi tidak bermakna apa-apa, karena terdorong rasa kesal dan amarah.akibat diludahi.

Itulah karakter orang mu’min yang sempurna, ia mampu menunjukan sikap sabar meskipun menghadapi situasi yang sangat menyakitkan dirinya.

“Bersabarlah dengan kesabaran yang baik (Q.S. Al-Ma’arij : 5)

sumber: Tausyiah Manajemen Qolbu Aa Gym

One response to “Menggapai keindahan hidup dengan kebeningan hati

  1. Zulfikar alhajj

    Saya sangat menyenangi artikel ini kebeningan hati ini, apalagi bagi para pembaca dan perindu kebeningan hati, dapat mengikuti tabiat/sikap/prilaku ibadah orang-orang sufi seperti suluk atau bertasawwuf. saya adalah salah seorang penganut thariqat Naqsyabandiah khalidiah, dan dapat merasakan betul jenjang maqam hati untuk dibersihkan! Wassalam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s