Hikmah Menata Diri

 

Senantiasa menata diri,  Alangkah indahnya sekiranya kita memiliki hati yang senantiasa tertata, terpelihara dan terawat dengan sebaik-baiknya. Ibarat taman bunga yang pemiliknya mampu merawat dengan penuh kesabaran dan ketekunan.

Orang yang hatinya tertata dengan baik sehingga tak pernah merasa resah gelisah,tak pernah bermuram durja, tak pernah gundah gulana. Kemana punpergi dan dimana pun berada ia senantiasa mampu mengendalikan hatinya. Diri senantiasa berada dalam kondisi damai dan mendamaikan, tenang dan menenangkan juga tenteram dan menenteramkan. Hati bagaikan embun yang menggelayut di dedaunan di pagi hari jernih bersinar sejuk dan menyegarkan.

Hati tertambat bukan kepada barang-barang yang fana melainkan selalu ingat dan merindukan Zat yang Maha Memberi Ketenteraman Allah Azza wa Jalla.
Begitu yakin dengan keyakinan yang sesungguhnya bahwa hanya dengan mengingat dan merindukan Allah, hanya dengan menyebut namanya tiap saat sehingga tidak hanya meyakini juga mengamalkan ayat-ayat-Nya maka hatinya pun menjadi tenteram.

Tantangan apapun akan dihadapinya, sehingga seberat apapun diterimanya dengan ikhlas. Dihadapi dengan  senyuman dan lapang dada. Baginya tak ada masalah sebab, yang menjadi masalah hanyalah cara yang salah dalam menghadapi masalah itu sendiri.

Cobalah kita senantiasa melatih diri untuk menyingkirkan segala penyebab yang berpotensi menimbulkan ketidaknyamanan di dalam hati ini. Karena dengan hati yang nyaman indah dan lapang niscaya akan membuat hidup ini terasa damai karena dengan beragamnya masalah sama sekali tak akan pernah membuat diri ini terjebak dalam kesulitan hidup karena selalu mampu menemukan jalan keluar yang terbaik dengan izin Allah tentunya. Insya Allah.

mencari hikmah

https://carihikmah.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s