Mengapa Masih Banyak Orang Islam Yang Beriman Tanpa Ihsan

Mengapa masih banyak Orang Islam yang beriman kepada Allah, tetapi masih saja bermaksiat kepada Allas Ta’ala?.. Itu disebabkan karena mereka tidak punya Ihsan atau pada saat ia bermaksiat dia kehilangan Ihsan. Bahwa mereka tidak merasa selalu berada dalam pengawasan Allah, mereka Shalat, beribadah kepada Allah tetapi tidak dengan Ihsan. Dalam beribadah kepada Allah tidak ada perasaan yang selalu diawasi oleh Allah. Sesungguhnya Allah itu Maha mendengar lagi Maha mengetahui.

Ihsan adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti “kesempurnaan” atau “terbaik.” Dalam terminologi agama Islam, Ihsan berarti seseorang yang menyembah Allah seolah-olah ia melihat-Nya, dan jika ia tidak mampu membayangkan melihat-Nya, maka orang tersebut membayangkan bahwa sesungguhnya Allah melihat perbuatannya.

Dalam HR Muslim dikisahkan jawaban Rasul ketika ditanya malaikat Jibril yang menyamar sebagai manusia, tentang definisi ihsan: “Beribadahlah kamu kepada Allah seakan-akan kamu melihat Dia. Jika kamu tidak melihat-Nya, sesungguhnya Dia meIihatmu”.

Kepada Allah kita harus berusaha mendekatkan diri dengan berbagai macam ibadah dengan sebaik-baiknya. Ketika shalat, kita harus yakin bahwa kita tengah berhadapan dengan Allah Sang Maha Pencipta. Ketika puasa kita harus ikhlas lillahi ta’ala. Ketika membayar zakat, kita meniatkannya sebagai kewajiban kita kepada Allah. Dan ketika Haji, kita meyakini bahwa kita adalah tamu Allah yang sedang berkunjung ke rumah”Nya. Maka dengan adanya Ihsan itu membuat kita lebih berhati- hati dalam segala perjalanan kehidupan, sehinga selalu merasa diawasi oleh Allah swt.

Ihsan dianalogikan sebagai atap bangunan Islam (Rukun iman adalah pondasi, Rukun Islam adalah bangunannya).  Ihsan (perbuatan baik dan berkualitas) berfungsi sebagai pelindung bagi bangunan keislaman seseorang. Jika seseorang berbuat ihsan, maka amal-amal Islam lainnya atan terpelihara dan tahan lama (sesuai dengan fungsinya sebagai atap bangunan Islam).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s